Tutorial Cara Membersihkan AC yang Simpel

Artikel ini terakhir di perbaharui May 10, 2024 by David Ashari
Tutorial Cara Membersihkan AC yang Simpel

Cara membersihkan AC perlu dilakukan dengan tepat supaya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Pasalnya, jika Anda tidak menggunakan cara yang benar, maka besar kemungkinan nantinya terjadi kerusakan pada AC Anda.  Selain itu, Anda perlu membersihkan AC secara rutin supaya  udara di dalam ruangan tidak terpapar oleh debu maupun hal lainnya. Dimana hal tersebut dapat mengganggu kesehatan.

Ciri AC Perlu Dibersihkan 

Ac memang perlu dibersihkan supaya kebersihannya tetap terjaga dengan baik. Namun, idealnya AC dibersihkan dalam sebulan sekali.  Selain itu, ada beberapa ciri-ciri yang perlu Anda perhatikan sebelum mengetahui cara membersihkan AC, ada baiknya Anda mulai memperlihatkan apakah AC Anda mulai menunjukan beberapa tanda di bawah ini. Bila iya, maka kemungkinan besar AC memang perlu dicuci. 

Nampak Kotoran pada Bukaan AC

Ciri pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu terdapat kotoran pada bukaan AC. Ini ditandai dengan adanya titik-titik hitam pada bagian bukaan alat tersebut,  Selain itu, titik-titik hitam juga pertanda bahwa hal tersebut pertanda terdapat penumpukan lumut atau jamur yang ada pada AC. Dengan begitu, Anda perlu secepatnya untuk membersihkan AC.

Terdapat Tetesan Air pada AC

Apabila Anda merasa terdapat tetesan air yang berasal dari AC, maka hal ini menandakan bahwa filter AC memang benar-benar kotor. Sehingga hal ini menyebabkan udara tidak dapat lewat secara baik. Sehingga, pada akhirnya menyebabkan air menetes pada AC. Dengan begitu, untuk menghindari hal ini usahakan untuk membersihkan ac berapa bulan sekali.

Cara Membersihkan AC dengan Tepat

Sebelum Anda membersihkan AC, ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan. Seperti halnya kemoceng, obeng, cairan pembersih, sikat gigi bekas, lap. penyedot debu, dan air secukupnya.  Setelah Anda merasa semua perlengkapan siap, maka Anda dapat melakukan tahapan dalam menggunakan cara membersihkan ac sendiri.

Buka Penutup AC

Langkah pertama untuk bersihin AC  yaitu dengan membuka casing dari AC dengan menggunakan obeng. Bukalah secara perlahan-lahan supaya debu tidak mengenai Anda. Setelah itu, Anda dapat langsung mengecek filter AC, apakah memang  terjadi kerusakan pada bagian tersebut ataukah tidak. 

Apabila, Anda melihat filter sobek, maka segeralah buah dan menggantinya dengan filter yang baru. Usahakan dalam melakukan proses ini, Anda melakukannya dengan hati-hati supaya bagian lainnya tidak tersentuh.

Membersihkan Filter

Apabila setelah membuka penutup AC, tidak menemukan sobekan atau kerusakan Maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan filternya. Untuk membersihkannya sendiri, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas, penyedot debu, lap agak basah, maupun kuas. Lakukan cara membersihkan ac tidak dingin ini secara hati-hati supaya kotoran dapat terangkat dengan baik.

Mencuci Filter AC

Apabila filter sudah dilepas dan dibersihkan, maka sekarang Anda perlu mencucinya. Untuk mencucinya sendiri sebenarnya, cukup direndam saja dengan air bersih, Selain itu, Saat meredamnya sebaiknya untuk menggunakan cairan khusus. Sehingga nantinya kandungan khusus yang terkandung dalam bahan tersebut dapat membunuh spora jamur maupun berbagi jenis kuman lainnya yang ada pada filter AC.

Menggosok Filter Secara Perlahan

Sambil meredam maka sekarang saatnya untuk menggosok perlengkapan tersebut. Namun, hal tersebut perlu dilakukan secara lembut. Akan tetapi, jika ada  kotoran yang membandel dan susah untuk dibersihkan, maka masuklah dengan menggunakan sikat gigi secara perlahan. Pasalnya, jika dilakukan secara keras, maka itu dapat menyebabkan filter AC menjadi rusak.

Mengeringkan Filter AC

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mengeringkan perlengkapan tersebut dengan meletakkannya di ruangan terbuka. Namun, usahakan untuk tidak meletakkannya di area yang terpapar oleh sinar matahari langsung, Selain itu, hindari pula untuk melekatnya pada tempat yang kotor untuk menghindari adanya kotoran yang menempel pada filter tersebut secara tidak langsung.

Membersihkan Bagian Lainnya

Selain memperhatikan filter yang ada pada AC saat , Anda juga perlu memperhatikan bagian lainnya yang bisa saja kotor. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan lap kering pada sela-sela AC. Apabila terasa sulit, Anda dapat menggunakan kuas untuk membersihkan beberapa bagian AC sehingga akan jauh lebih mudah.

Memasang Filter Kembali

Setelah Anda selesai mencucinya dan menginginkannya, langkah selanjutnya cara mencuci AC sendiri yaitu memasang filter tersebut kembali ke AC. Akan tetapi, sebelum Anda memasang hal tersebut kembali, pastikan bahwa filter dalam kondisi yang kering. Pasalnya, jika tidak maka hal tersebut dapat menyebabkan potensi jamur dapat berkembang secara bebas, 

Setelah memasangnya kembali, Anda dapat mengecek kembali dengan cara menyalakan AC. Apakah AC sudah berfungsi dengan baik ataukah belum. 

Cara membersihkan AC  indoor dan outdoor dapat Anda lakukan dengan beberapa tahapan. Dari mulai melepaskan filter AC, membersihkan filter, sampai dengan memasangnya kembali. Namun, pastikan sebelum Anda melakukan hal tersebut sudah menyiapkan beberapa perlengkapan. Dari mulai lap, pembersih khusus, dan sebagainya.

Nah kalau dirasa cara membersihkan AC ini cukup merepotkan, Anda selalu bisa memanfaatkan jasa layanan pencuci AC secara rutin. Tapi bila Anda merasa bisa melakukannya secara mandiri, silahkan menerapkan cara membersihkan AC yang dibahas di atas, semoga bisa bermanfaat!