7 Ide Desain Mushola Minimalis di Rumah

Artikel ini terakhir di perbaharui June 3, 2024 by David Ashari
7 Ide Desain Mushola Minimalis di Rumah

Mushola minimalis di rumah dapat membuat suasana menjadi lebih hangat. Pasalnya, terdapat tempat untuk menjalankan shalat berjamaah bersama anggota keluarga yang lainnya. Selain itu, jika ada yang sedang bertamu, tidak perlu bingung atau repot menyiapkan tempat. 

Anda hanya tinggal menunjukan mushola yang ada di rumah saja. Anda juga tidak perlu khawatir ruangan satu ini akan menghabiskan banyak lahan karena nantinya, dapat menggunakan beberapa desain minimalis. Dimana desain ini dapat memaksimalkan ruangan dengan baik.

Inspirasi Desain Mushola Minimalis untuk di Rumah

Ada beberapa desain mushola minimalis yang dapat Anda gunakan di rumah. Selain itu, desain-desain ini dapat membuat ruangan akan jauh lebih cozy untuk beribadah. Untuk lebih jauh nya, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

  • Desain Ala Mushola Al Karim

Anda dapat menggunakan desain mushola minimalis yang serupa dengan desain mushola Al Karim. Dimana mushola satu ini didominasi oleh warna biru. Selain itu, Contoh mushola minimalis satu ini juga masuk ke dalam kategori minimalis. Anda dapat menambahkan dekorasi yang islami dan lampu led warna biru. 

Namun, jika Anda tidak nyaman, maka silahkan menggunakan lampu berwarna putih saja. Apabila Anda membuat mushola di luar rumah, maka dapat menambahkan ornamen kubah yang terbuat dari grc. Hal ini karena material tersebut memiliki karakteristik ringan sehingga tidak membebani struktur dengan berlebihan.

  • Mushola  Minimalis yang Berkelas dan Elegan 

Desain mushola minimalis dalam rumah satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan elegan dan berkelas pada ruangan minimalis. Untuk memperkuat desain tersebut, maka Anda dapat menambahkan ukiran yang cukup detail pada dinding mushola. 

Tambahkan juga dekorasi lainnya. Seperti hal nya lampu gantung yang difokuskan ke area shalat.  Sementara, untuk membuat ruangan menjadi lebih terang, Anda dapat menambahkan lampu dinding.  Sehingga ruangan dapat nyaman untuk beribadah.

  • Mushola dengan Nuansa Biru Menenangkan

Mushola dengan pulasan cat yang didominasi warna biru dapat memberikan kesan menenang kan pada sebuah ruangan. Baik itu warna biru gelap, biru muda, maupun biru lainnya. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan sentuhan yang lembut dan cerah, maka dapat menggunakan biru langit muda. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menghiasi dinding tulisan kaligrafi ayat maupun doa lainnya.  Gunakanlah bingkai dengan warna putih atau perak sehingga dapat lebih selaras. Selain itu, gunakanlah karpet biru dan batai lantai untuk membaca Al-Qur’an sehingga akan lebih nyaman. Tambahkan pula bunga segar pada ornamen hiasan untuk membuat suasana jadi lebih tenang.

  • Mushola Modern

Desain mushola minimalis modern ini dirancang untuk dapat memaksimalkan penggunaan ruangan sehingga lebih optimal. Penggunaan furniture lipat maupun modern, memungkinkan tampilan mushola terlihat lebih canggih dan terorganisir dengan baik. Contohnya, Anda dapat menyusun rak ambilan dengan vertikal dan memilih meja Al-Qur’an yang dapat dilipat dengan mudah. 

Sehingga ruangan pun akan terasa lebih luas. Anda juga dapat menambahkan lampu LED yang membuat tampilan mushola lebih modern. Selain itu, lampu ini juga membuat energi yang dihabiskan lebih hemat. Untuk menambahkan kesan islami nya, cobalah untuk menambahkan ukiran atau lukisan tulisan kaligrafi yang bisa ditempatkan pada dinding.

  •  Mushola dengan Nuansa Ceria 

Apakah Anda ingin menghadirkan nuansa yang ceria di dalam mushola? Jika iya, maka mushola minimalis modern ceria ini cocok untuk Anda gunakan. Nantinya, Anda dapat menambahkan  warna-warna yang dominan cerah sehingga mushola akan nampak lebih hidup. Selain itu, mushola seperti ini juga cocok untuk Anda yang  memiliki anak-anak kecil. Sehingga mereka dapat lebih nyaman saat beribadah bersama dengan Anda.

 Hal ini pun berlaku dalam pemilihan aksesoris atau dekorasi untuk mushola. Anda juga perlu memilih warna-warna yang memang menyenangkan, seperti halnya biru, hijau, kuning, dan lain sebagainya. Dimana warna-warna ini dapat memberikan kesan positif dan memberikan semangat pada ruang mushola. Jangan lupa untuk memilih pencahayaan yang pas, supaya dapat membuat tampilan mushola lebih menarik.

  • Mushole Nuansa Monokrom

Apakah Anda menyukai sesuatu yang simpel? Jika iya, maka mushola minimalis dalam rumah ini adalah salah satu desain yang cocok untuk Anda gunakan. Nantinya, Anda dapat memilih sound system modern untuk dapat menyetel lantunan sholawat maupun Al Quran.

 Selain itu, pemilihan warna monokrom juga memberikan kesan tenang, jadi cocok untuk Anda yang memiliki kepribadian serius yang menyukai ketenangan. Warna monokrom juga dapat Anda terapkan pada atribut dekorasi mushola seperti halnya, karpet, rak, dan sebagainya.

  • Mushola Modern Tropis

Gambar mushola minimalis terbaru ini sendiri sebenarnya menggabungkan unsur tropis dan modern. Sehingga menghasilkan ruangan yang memiliki kesan hangat dan minimalis. Pemilihan perabot dengan desain sederhana dari bahan alam dapat membuat tampilan mushola jadi lebih alami. Anda dapat memilih lantai parket yang terbuat dari kayu, menaruh tanaman hias di pojokan, dan sebagainya. 

Dengan begitu, ruang mushola pun akan jauh lebih estetik dan terasa lebih segar, bukan? Untuk dindingnya, Anda dapat menambahkan tulisan kaligrafi yang diukir ataupun dilukis langsung di tembok. Gunakan pula cahaya yang memiliki kesan hangat dan natural, untuk menambah kenyamanan Anda saat beribadah.