25 Rekomendasi Film Komedi Terbaik yang Wajib Ditonton

Artikel ini terakhir di perbaharui July 17, 2024 by David Ashari
25 Rekomendasi Film Komedi Terbaik yang Wajib Ditonton

Rekomendasi film komedi yang seru untuk disaksikan sangatlah banyak dan beragam sehingga Anda bisa menentukan atau memilih film yang sesuai dengan keinginan. Sampai saat ini, film dengan genre komedi masih ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya karena bisa memberikan hiburan yang menyenangkan dan nyaman untuk ditonton. Ada banyak film komedi yang berhasil meraih kesuksesan sehingga memberikan kesan yang baik di benak para penonton dari awal kemunculannya hingga saat ini.

Rekomendasi Film Komedi Indonesia Terbaik

Sampai saat ini, film komedi Indonesia sangatlah banyak pilihannya dan setiap film memiliki kelebihan serta keunikkannya masing-masing sehingga Anda bisa memilih yang sesuai keinginan. Supaya Anda bisa lebih memahami dan mendalami, berikut beberapa rekomendasi film komedi Indonesia terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Agak Laen (2024)

Agak Laen menjadi rekomendasi film komedi indonesia terbaru yang berhasil meraup banyak keuntungan karena ditonton lebih dari 10 juta penonton. Selain diperankan oleh personil Agak Laen yaitu Boris Bokir, Indra Jegel, Oki Rengga dan Benny Dion, ada juga beberapa artis kenamaan lainnya yang ikut serta dalam film ini.

2. Kejar Mimpi Gaspol! (2023)

Kejar Mimpi Gaspol! merupakan salah satu film komedi terbaru yang berhasil menarik perhatian karena film yang disutradarai oleh Hasto Broto ini berhasil meraup banyak penonton. Untuk pertama kalinya, Asri Welas memainkan peran utama dan aktingnya berhasil membuat gelak tawa sehingga memberikan hiburan yang seru untuk para penonton.

3. Onde Mande! (2023)

Onde Mande! adalah film komedi kekinian yang menggunakan budaya Minnang sebagai latar utamanya dan film ini menceritakan tentang seorang guru pensiunan yang bernama Angku Wan. Dalam ceritanya, Angku Wan berhasil meraih undian dengan nilai 2 miliar, namun harus meninggal dunia sebelum menggunakan hadiah yang diperoleh.

4. Ganjil Genap (2023)

Perlu diketahui bahwa film Ganjil Genap merupakan hasil adaptasi dari novel dengan judul yang sama dan film ini menceritakan tentang Bara dan Gala yang sudah pacaran sejak lama. Konflik bermula dari permintaan Gala yang menginginkan Bara untuk menikahinya dan ada sosok pria bernama Aiman yang masuk dalam drama cinta keduanya.

5. Scandal Makers (2023)

Scandal Makers merupakan film kenamaan yang diadaptasi dari film Korea Selatan dengan bintang utama Vino G. Bastian dan Beby Tsabina. Film ini mengisahkan tentang sosok Oskar yang merupakan penyiar radio terkemuka dan bertemu dengan wanita cantik bernama Karin beserta anaknya.

6. Hitmen (2023)

Hitmen merupakan rekomendasi film komedi romantis Indonesia yang mengisahkan tentang petualangan pembunuh bayaran bernama Franky dan Johny. Untuk terakhir kalinya, Franky dan Johny harus dihadapkan dengan misi yang sangat bahaya sehingga sampai mengancam keselamatan nyawa.

7. Cek Toko Sebelah 2 (2022)

Cek Toko Sebelah 2 adalah sekuel dari film komedi populer Indonesia “Cek Toko Sebelah” yang dirilis pada tahun 2016 dan film ini disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini melanjutkan cerita dari film pertamanya yang mengisahkan tentang kehidupan keluarga Koh Afuk dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan toko kelontong keluarga. 

8. Naga Naga Naga (2022)

Naga Naga Naga adalah film drama komedi Indonesia yang merupakan kelanjutan dari film “Nagabonar Jadi 2” (2007) dan film ini disutradarai oleh Deddy Mizwar. Film ini melanjutkan cerita dari film sebelumnya dengan fokus pada generasi ketiga dari keluarga Nagabonar dan film ini diperankan oleh Deddy Mizwar sebagai peran utamanya.

9. Srimulat: Hil yang Mustahal (2022)

Srimulat: Hil yang Mustahal adalah film komedi Indonesia yang mengangkat kisah grup lawak legendaris Srimulat dan film ini disutradarai oleh Fajar Nugros. Film ini menceritakan perjalanan grup lawak Srimulat dari awal karier hingga menjadi fenomena nasional di negara Indonesia. 

10. Gara-gara Warisan (2022)

Gara-gara Warisan adalah film drama komedi Indonesia yang disutradarai oleh Muhadkly Acho dan film ini mengisahkan tentang konflik keluarga yang timbul karena masalah warisan. Film ini bercerita tentang tiga saudara kandung, Adam (Oka Antara), Laras (Indah Permatasari) dan Dicky (Ge Pamungkas), yang kembali berkumpul di rumah keluarga setelah lama terpisah.

11. Mendarat Darurat (2022)

Mendarat Darurat adalah film komedi romantis Indonesia yang disutradarai oleh Pandji Pragiwaksono yang mengisahkan tentang kejadian tak terduga yang terjadi pada seorang pria. Film ini bercerita tentang Glenn Prasetya (Reza Rahadian), seorang pria yang sedang berada dalam hubungan rumit dengan pacarnya, Maya (Luna Maya). 

12. Ngeri-ngeri Sedap (2022)

Ngeri-ngeri Sedap adalah film drama komedi Indonesia yang disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk dan film ini menggambarkan dinamika keluarga Batak. Film ini berkisah tentang keluarga Batak yang tinggal di Sumatera Utara bernama Pak Domu (Arswendi Nasution) dan Mak Domu (Tika Panggabean) memiliki empat anak yang sudah dewasa.

13. Baby Blues (2022)

Baby Blues adalah film drama komedi Indonesia yang mengangkat tema tentang kehidupan pernikahan dan tantangan yang dihadapi pasangan suami istri setelah kelahiran anak pertama. Film ini menceritakan tentang Dika (Vino G. Bastian) dan Dinda (Aurelie Moeremans), pasangan muda yang baru saja memiliki anak pertama.

14. Teman Kondangan (2020)

Teman Kondangan adalah film komedi romantis Indonesia yang disutradarai oleh Rako Prijanto dan film ini mengisahkan tentang percintaan, persahabatan serta kisah-kisah lucu. Film ini mengisahkan tentang Ian (Adipati Dolken), seorang pria yang menghadiri berbagai acara pernikahan sebagai “teman kondangan”.

15. Mangga Muda (2020)

Mangga Muda merupakan salah satu rekomendasi film netflix komedi yang seru untuk dinikmati dan film ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 23 Januari 2020. Film ini mengisahkan tentang seorang supir taksi yang bernama Agil dan istrinya Luli yang berprofesi sebagai karyawati salon yang tak kunjung memiliki keturunan.

16. My Stupid Boss 2 (2019)

My Stupid Boss 2 adalah film komedi Indonesia yang merupakan sekuel dari film “My Stupid Boss” yang sukses pada tahun 2016 dan film ini disutradarai oleh Upi Avianto. Film ini melanjutkan kisah dari film sebelumnya, dengan fokus pada hubungan antara Bossman (diperankan oleh Reza Rahadian) dan karyawannya, Diana (diperankan oleh Bunga Citra Lestari).

17. Orang Kaya Baru (2019)

Orang Kaya Baru adalah film komedi Indonesia yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Tere Liye dan film ini disutradarai oleh Ody C. Harahap. Film ini mengisahkan tentang keluarga Harjosubroto yang hidup di kawasan elit Jakarta yang memutuskan untuk pindah ke rumah baru yang lebih mewah. 

18. Preman Pensiun (2019)

Preman Pensiun adalah film drama komedi Indonesia yang disutradarai oleh Aris Nugraha dan film ini diadaptasi dari serial web dengan judul yang sama populer di YouTube. Film ini mengisahkan tentang Ujang (diperankan oleh Budi Dalton), seorang mantan preman yang sudah memutuskan untuk pensiun dari dunia kejahatan. 

19. Lagi-lagi Ateng (2019)

Lagi-lagi Ateng adalah film komedi Indonesia yang merupakan sekuel dari film “Lagi-Lagi Ateng” yang dirilis pada tahun 2018 dan film ini disutradarai oleh Monty Tiwa. Film ini mengisahkan petualangan Ateng (diperankan oleh Ernest Prakasa) dan Jaka (diperankan oleh Adipati Dolken) yang terlibat dalam berbagai situasi lucu.

20. Laundry Show (2019)

Laundry Show adalah salah satu rekomendasi film indonesia komedi yang sangat populer dan film ini dibintangi oleh Tissa Biani, Gisella Anastasia dan Boy William. Film ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang keluar dari pekerjaannya karena berniat membuka usaha di binatu dan di awal pembukaan bisnisnya, pemuda tersebut menemukan pegawai konyol serta jenaka.

21. PSP: Gaya Mahasiswa (2019)

Film Pancaran Sinar Petromaks: Gaya Mahasiswa merupakan salah satu rekomendasi film komedi indonesia terbaru karena dibintangi oleh beberapa stand up komedian Indonesia ternama. Pada dasarnya, film ini menceritakan tentang perjalanan grup musik OM PSP yang dibuat dengan versi milenial dan diputar perdana pada 31 Januari 2019 di bioskop seluruh Indonesia.

22. Terlalu Tampan (2019)

Terlalu Tampan adalah film komedi Indonesia yang disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie dan film ini mengisahkan tentang pria tampan yang menghadapi tantangan untuk menemukan cinta sejati. Film ini mengisahkan tentang Aziz (diperankan oleh Ari Irham), seorang pria tampan yang hidup dalam popularitas, namun merasa kesepian karena tak menemukan cinta sejati. 

23. Susah Sinyal (2017)

Susah Sinyal adalah film komedi Indonesia yang disutradarai oleh Ernest Prakasa dan film ini mengisahkan seorang ibu tunggal yang berusaha mengatasi ketergantungan pada teknologi modern. Film ini mengisahkan Ellen (diperankan oleh Adinia Wirasti), seorang ibu tunggal yang memiliki ketergantungan besar pada gadget dan teknologi modern.

24. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! (2016)

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss adalah film komedi Indonesia yang merupakan reboot dari waralaba komedi populer “Warkop DKI” yang terkenal pada era 1980-an. Film ini mengisahkan tentang Dono (diperankan oleh Abimana Aryasatya), Kasino (diperankan oleh Vino G. Bastian) dan Indro (diperankan oleh Tora Sudiro) yang memiliki karakter berbeda-beda.

25. Hangout (2016)

Hangout adalah film komedi remaja Indonesia yang disutradarai oleh Raditya Dika dan film ini mengisahkan tentang kehidupan sekelompok remaja yang menghadapi berbagai situasi lucu. Film ini mengisahkan tentang sekelompok remaja yang merencanakan hangout bersama di sebuah tempat yang mereka anggap sebagai tempat keren.

Secara umum, film komedi cenderung menawarkan humor yang dapat dinikmati oleh berbagai jenis penonton, dari berbagai latar belakang dan usia yang berbeda. Ada berbagai subgenre dalam film komedi, seperti komedi romantis, komedi aksi, komedi remaja serta komedi satir dan setiap subgenre menawarkan nuansa cerita yang berbeda.

Dengan berbagai pilihan yang tersedia, menonton film komedi bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang dan menikmati momen santai bersama orang-orang terdekat. Itulah bahasan lengkap mengenai rekomendasi film komedi dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembacanya.