5 Rekomendasi Dekorasi Kamar Tidur Sempit Supaya Terlihat Rapi dan Estetik

Artikel ini terakhir di perbaharui June 6, 2024 by David Ashari
5 Rekomendasi Dekorasi Kamar Tidur Sempit Supaya Terlihat Rapi dan Estetik

Dekorasi kamar tidur sempit  menjadi salah satu solusi efektif  untuk membuat kamar terlihat rapi dan memiliki nilai estetika. Alhasil, meskipun sempit, Anda dapat tidur atau beristirahat di dalam kamar dengan tenang. Tambahkan juga beberapa furnitur yang pas untuk kamar kesayangan Anda. Pastikan juga, untuk tidak menaruh barang yang tidak terlalu penting supaya kamar terasa lebih lapang.

Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit

Dekorasi kamar tidur sempit  dapat Anda aplikasikan untuk kamar anak, tamu, bahkan utama. Adapun cara untuk  mendekorasi kamar sempit yang tepat adalah sebagai berikut ini!

  • Gunakan Tipe Kasur King

Apabila Anda memiliki kamar yang cenderung sempit, tetapi ingin menempatkan kasur dengan ukuran besar seperti halnya kasur king maka ide dekorasi kamar sempit  ini cocok digunakan. Untuk caranya sendiri, yaitu dengan meletakkan kasur di dekat jendela atau dinding belakang. Meskipun begitu, pastikan supaya  kasur tidak menghalangi ruang gerak maupun pintu masuk kamar tidur. 

 Nantinya, Anda juga dapat menata kamar tidur sempit sederhana dan meletakan rak-rak dinding yang terbuat dari kayu untuk menaruh barang-barang Anda. Seperti halnya buku, tempat make up, dan sebagainya. Anda juga dapat menambahkan cermin full di dekat kasur atau di pojokan kamar. Namun, pastikan Anda memilih cermin yang simpel atau tidak terlalu banyak dekorasi.

  • Menggunakan Queen Bed

Apakah Anda ingin kasur yang berukuran sedang, tetapi ruangan Anda sempit? Maka dekorasi kamar tidur sempit agar terlihat luas ini dapat Anda gunakan. Selain itu, ukuran ini tidak sebesar size king sehingga dapat menyisakan ruangan yang lebih luas. Tidak hanya itu saja kamar juga dapat terlihat mewah dengan memadukannya dengan seprai maupun bed cover yang tepat.

Saat penataan, Anda dapat menempatkan kasur sejajar dengan lemari maupun perabotan lainnya.  Namun, jika Anda merasa lemari dipilih yang terlalu besar sehingga membuat sesak. Maka cobalah pilih lemari yang minimalis. Sehingga nantinya, kamar akan terlihat lebih rapi dan luas. Inspirasi dekorasi kamar tidur sempit ini juga dapat Anda terapkan di kamar anak.

  • Dekorasi Kamar ala Skandinavia

Apakah Anda sedang ngekos dan seorang pekerja? Maka menata kamar tidur sempit sederhana ini patut untuk Anda coba. Pasalnya, kamar dengan dekorasi ini memang cocok untuk digunakan karena memiliki kesan minimalis dan terlihat indah. Cara dekorasi kamar tidur yang sempit ini yaitu dengan menempatkan kasur yang didekatkan pada dinding. 

Selanjutnya, tambahkan pula furniture lainnya. Seperti halnya lemari dan meja kerja dengan ukuran yang minimalis. Anda juga dapat menambahkan karpet berbulu untuk diletakan di samping kasur. Sehingga Anda dapat menggunakannya untuk bersantai ataupun bekerja. Selain itu, menambahkan karpet ini juga dapat meningkatkan gaya Skandinavia yang semakin kuat pada kamar. 

  • Dekorasi Minimalis

  Dekorasi kamar tidur sempit aesthetic ini sendiri yaitu menggabungkan nilai seni dan fungsi dari setiap barang yang ada. Selain itu, kamar ini cocok untuk Anda gunakan untuk tamu maupun anak-anak. Nantinya, Anda dapat menaruh dua kasur disini. Untuk membuat area privasi, Anda dapat menggunakan nakas sebagai pembatas untuk menempatkan tempat tidur. Bisa juga Anda menggunakan kasur tingkat sehingga dapat menghemat ruang yang ada di kamar tersebut. 

Usahakan untuk tidak meletakan benda-benda yang berukuran besar karena itu dapat membuat kamar jadi lebih sempit. Pilihlah barang-barang yang memang memiliki nilai estetika  sekaligus fungsional. Sehingga, kamar tidak hanya terlihat indah, tetapi semua yang ada di kamar itu dapat difungsikan dengan baik.

  • Dekorasi Kamar  ala Loft

Dekorasi kamar tidur sempit lesehan ini cocok untuk diterapkan oleh para mahasiswa. Nantinya, kamar ini  memiliki tempat tidur yang bertingkat. Dimana  nantinya, kasur  tempat Anda istirahat berada di atas, sementara dibawahnya dapat digunakan untuk meja belajar, menyimpan pakaian,  atau juga tempat santai. 

Akan tetapi, jika Anda menggunakan bagian bawah untuk tempat belajar maka menata kamar tidur sempit sederhana ini dapat menggunakan meja maupun kursi yang portable. Sehingga saat digunakan Anda tinggal menariknya saja. Lalu saat tidak digunakan, Anda dapat mendorongnya kembali. Kemudian di sampingnya, dapat diletakan standing mirror untuk menambahkan kesan luas pada kamar.

Bila dirasa terlalu monoton, cobalah untuk menambahkan tanaman hias, seperti halnya kaktus, lidah buaya, dan sebagainya.  Selain membuat suasana menjadi lebih hidup, tanaman hias tersebut juga dapat membersihkan udara yang ada di dalam kamar. Bahkan dapat meminimalisir efek

Dekorasi kamar tidur sempit remaja sederhana ini dapat  memberikan perasaan nyaman dan kesan rapi. Untuk desainnya sendiri, Anda dapat menggunakan desain minimalis, desain kamar loft, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan Anda hanya menaruh barang yang memang digunakan saja. Sehingga kamar terhindar dari kesa penuh dan sumpek