Pilihan Desain Kamar Tidur Remaja yang Estetik

Artikel ini terakhir di perbaharui May 28, 2024 by David Ashari
Pilihan Desain Kamar Tidur Remaja yang Estetik

Desain kamar tidur remaja dapat Anda buat dengan estetik sehingga mereka akan merasa betah berada di kamar. Tidak hanya hanya nyaman, tetapi kamar juga akan terlihat lebih cantik dipandang mata . Tentunya, hal ini berlaku untuk anak remaja laki-laki maupun perempuan.

Ide Desain Kamar Remaja

Ada beberapa ide desain kamar tidur remaja yang bisa digunakan untuk kamar anak Anda. Dari mulai yang bernuansa vintage  sampai dengan ala Korea. Semua rekomendasi desain kamar tidur remaja ini nantinya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Nah, untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

Nuansa Vintage

Apabila Anda sedang bingung untuk dekorasi kamar remaja kekinian supaya kamarnya nampak lebih hidup, maka tema vintage mungkin bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Desain ini sendiri memberikan kesan hangat pada kamar sang buah hati. Terutama jika anak Anda senang dengan gaya minimalis sehingga kamar anak akan lebih memiliki kesan mengagumkan lantaran temanya yang cukup berbeda dari yang lain. 

Anda dapat mengambil warna cerah untuk tembok, dinding, maupun pintu. Untuk warnanya sendiri, Anda dapat menggunakan warna krem, putih, hijau toska, dan lain sebagainya.  Namun, jika memang sang anak lebih menyukai warna-warna yang kuat, maka Anda masih dapat memadukannya dengan warna-warna lainnya. Seperti halnya merah, kuning, dan lain sebagainya. Pilihlah warna yang memang cocok untuk dipadukan dengan keinginan sang anak.

Gaya Utilitarian

Apabila anak Anda tipe yang memang tidak menyukai hal-hal yang monoton, maka dapat menggunakan desain kamar tidur remaja kekinian ini. Hal ini karena desain utilitarian dapat memberikan kesan lebih estetik dan fungsional.

 Namun, jika Anda merasa jika desain memiliki kesan yang polos dan kaku, maka dapat menambahkan beberapa furniture. Baik itu dalam pemilihan kursi, meja, lemari, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat gorden dan sprei kasur  untuk menguatkan kesan yang diinginkan. Dengan begitu, desain kamar akan lebih terlihat seimbang.

Desain Colourful

Apabila anak-anak menyukai hal-hal yang berwarna, maka desain kamar hitam putih remaja ini cocok untuk diterapkan di kamar remaja Anda. Biasanya, anak-anak remaja perempuan akan menyukai desain seperti ini karena memberikan kesan ceria. Untuk warnanya sendiri, Anda dapat menggunakan warna-warna yang cerah. Seperti halnya warna kuning, hijau, biru, dan lain sebagainya.

Namun, usahakan untuk menggunakan warna yang beberapa macam. Pasalnya, jika hanya satu warna saja yang digunakan takunya akan memberikan kesan yang agak monoton. Untuk menambahkan kesan hidup pada desain kamar tidur remaja kekinian tersebut, Anda dapat menambahkan gambar ataupun ilustrasi pop art pada dinding kamar supaya semakin selaras dengan tema keseluruhan. 

Desain Urban Grey

Apabila sang anak tidak terlalu menyukai warna yang tidak terlalu cerah, maka desain ini cocok untuk digunakan. Biasanya, desain kamar tidur remaja laki-laki ini banyak disukai karena lebih kalem dan memiliki karakteristik yang cukup kaku, terutama dengan pewarnaan.

Apabila Anda kesulitan menemukan warna cat abu, maka dapat memadukan antara cat hitam dan putih. Cukup padukan kedua warna tersebut sampai merata, maka Anda akan mendapatkan warna abu. Namun perlu dicatat bahwa penggunaan beberapa jenis warna monokrom mungkin akan membuat kamar terasa sempit, termasuk warna abu.

Nah, apabila terjadi, Anda bisa mengakali dengan memberikan jendela dengan ukuran besar, disarankan dari lantai hingga ke langit-langit. Hal ini guna memberikan ilusi supaya kamar terlihat lebih besar dengan memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, jika dibutuhkan Anda juga dapat menambahkan cermin pada sebuah dinding tempat tidur sehingga dapat memberikan kesan yang luas pada kamar.  Tambahkan juga ornamen lainnya dengan warna putih, hitam, atau abu-abu.

Ala Bohemian

Desain kamar tidur remaja estetik ini sendiri memiliki kesan bergaya Eropa sehingga tidak heran apabila kamar akan memiliki kesan yang lebih artistik. Biasanya gaya ini juga sering digunakan oleh para kaum nomaden yang tinggal di Eropa.  Selain itu, desain bohemian yang ideal itu meliputi berbagai sisi. Dari mulai warna, dekorasi, sampai dengan furniture yang digunakan.

Dengan begitu, Anda dapat menggunakan barang atau benda lama yang dimiliki. Untuk menambah kesan vintage di kamar anak remaja Anda.  Selain itu, nantinya Anda dapat menambahkan gorden dengan warna  yang putih.  Sementara untuk furniture  nya Anda dapat gunakan warna coklat atau krem. Sementara untuk lampu yang berada di langit-langit, Anda dapat menggunakan dari rotan. Selain itu, tambahkan juga tanaman gantung makrame, dan lain sebagainya.

Desain Kamar dengan Ala Korea

Berikutnya desain kamar tidur remaja simpel yang bisa Anda pakai untuk sang buah hati yaitu kamar dengan estetik ala korea. Selain karena banyak remaja yang tengah mengandrungi Kpop (Korean Pop), gaya ini dinilai bisa menambah nilai elegan dalam desain kamar tidur bagi remaja. Selain itu, Anda juga dapat menambah beberapa furniture yang memiliki ketinggian rendah supaya semakin sesuai dengan tema. Pasalnya, masyarakat Korea pada zaman dulu memang terbiasa dengan style rumah dekat dengan lantai. 

Anda bisa menambahkan furnitur kursi ataupun kasur di kamar dengan ketinggian rendah. Beberapa contoh, misalnya kasur tanpa frame, tentu jangan lupa beri tatakan di atas kasur supaya kasur tidak mudah jamuran ya! Selain sesuai dengan tema Asia Timur, penggunaan kasur tanpa rangkainya ini juga bisa digunakan apabila kamar anak Anda tidak terlalu besar.

Demikian beberapa rekomendasi desain kamar tidur remaja yang cukup populer digunakan, semoga bisa membantu Anda yang tengah mencari inspirasi desain kamar tidur untuk anak Anda.