Gimana Cara Memasang Gorden Kolong Dapur yang Tepat? Simak ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui July 8, 2024 by David Ashari
Gimana Cara Memasang Gorden Kolong Dapur yang Tepat? Simak ini!

Ternyata cara memasang gorden kolong dapur tidak semudah yang dibayangkan karena memerlukan teknik tertentu sampai bisa terpasang dengan rapih. Gorden kolong dapur biasanya dipasang untuk menghalangi berbagai perabotan sehingga secara tampilan akan lebih menarik dan nyaman untuk dipakai. Berbeda dengan gorden jendela, gorden dapur biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan dipasang di tempat yang sempit sehingga lebih menyulitkan.

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur

Memasang gorden di kolong dapur bisa menjadi cara yang bagus untuk menambah estetika dan menyembunyikan penyimpanan atau pipa yang kurang menarik. Sebagai referensi buat Anda, berikut adalah cara pasang gorden kolong dapur yang paling efektif dan bisa Anda ikuti dengan mudah:

1. Ukur dan Potong Gorden

Ukur lebar kolong dapur untuk menentukan panjang rel atau batang gorden dan ukur tinggi dari atas kolong hingga lantai untuk menentukan panjang gorden. Tambahkan beberapa centimeter pada tinggi untuk lipatan yang rapi dan jika terlalu panjang, potong sesuai ukuran yang telah diukur. 

2. Pasang Rel atau Batang Gorden

Jika menggunakan rel gorden, pasang braket rel di sisi kiri serta kanan kolong dapur dan tandai titik pemasangan dengan pensil atau bor lubang untuk sekrup. Jika menggunakan batang teleskopik, sesuaikan panjang batang dengan lebar kolong dapur dan batang ini biasanya bisa dipasang tanpa sekrup.

3. Pasang Gorden

Jika menggunakan rel gorden, gantung gorden pada kait atau cincin yang terpasang pada rel dan pastikan gorden terpasang dengan rapi, agar tidak melorot. Selain itu, jika menggunakan batang gorden, geser gorden ke batang sebelum memasangnya di tempat dan pastikan gorden terdistribusi merata sepanjang batang.

4. Penyesuaian Akhir

Pastikan gorden menggantung dengan rapi dan tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, agar tampilan gorder terlihat lebih menarik. Rapikan lipatan dan pastikan gorden menggantung dengan baik tanpa kerutan sehingga bisa berfungsi dengan baik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasang gorden di kolong dapur dengan mudah dan menciptakan tampilan yang lebih menarik.

Tips Memilih Gorden yang Bagus Untuk Kolong Dapur

Selain mengetahui cara memasang gorden kolong dapur dengan tali, Anda juga perlu paham mengenai cara untuk memilih gorden kolong dapur yang bagus. Dalam memilih gorden yang bagus untuk kolong dapur melibatkan beberapa pertimbangan, seperti bahan, desain dan fungsionalitas. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih gorden yang tepat untuk kolong dapur:

1. Bahan Gorden

Pilihlan gorden yang terbuat dari bahan katun karena ringan dan mudah dicuci, cocok untuk area dapur yang mungkin sering terkena kotoran. Selain itu, Anda juga bisa memilih gorden berbahan poliester karena memiliki sifat yang tahan lama dan tahan noda sehingga tidak mudah rusak.

2. Desain dan Pola

Gorden polos dengan warna netral atau warna yang sesuai dengan dekorasi dapur Anda bisa memberikan tampilan yang bersih dan rapi. Anda juga bisa memilih gorden dengan pola bunga, geometris atau motif lainnya yang dapat menambah elemen dekoratif dan menyamarkan noda kecil.

3. Ukuran dan Fit

Pastikan gorden cukup panjang untuk menutupi seluruh kolong dapur tetapi tidak terlalu panjang hingga menyentuh lantai karena bisa menghambat pergeseran. Tak cuma itu, Anda juga bisa memilih gorden yang mudah disesuaikan, baik panjang maupun lebarnya, untuk memastikan fit yang sempurna.

4. Kemudahan Perawatan

Pilih gorden yang bisa dicuci dengan mesin untuk kemudahan perawatan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mencuci secara manual. Selain itu, pastikan bahwa gorden kolong dapur terbuat dari bahan yang cepat kering karena kemungkinan cipratan air akan banyak terjadi.

5. Jenis Gorden

Gorden setengah tinggi dan sangat cocok untuk kolong dapur, memberikan penutup yang cukup sambil tetap mempertahankan tampilan yang ringan. Gak cuma itu, Anda juga bisa memilih gorden yang digantung dengan rel karena sangat mudah untuk dipasang dan dilepas saat akan dicuci. Dengan mempertimbangkan bahan, desain dan kemudahan perawatan, Anda dapat memilih gorden yang tidak hanya fungsional tetapi juga menambah estetika.

 

Dapat disimpulkan bahwa memasang gorden di kolong dapur dapat memberikan tampilan yang lebih rapi dan estetis pada ruang dapur. Pilihlah bahan gorden yang sesuai dengan kebutuhan dapur, seperti katun untuk kepraktisan atau poliester untuk ketahanan terhadap noda. Sementara, pemasangan bisa dilakukan dengan menggunakan rel gorden atau menggunakan batang teleskopik yang mudah disesuaikan.

Dengan memilih dan memasang gorden dengan tepat, Anda dapat meningkatkan estetika dapur serta memberikan fungsi perlindungan terhadap area kolong. Demikian pembahasan lengkap mengenai cara memasang gorden kolong dapur dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca