8 Cara Merawat Peralatan Makan Berbahan Stainless Steel

Artikel ini terakhir di perbaharui July 2, 2024 by David Ashari
8 Cara Merawat Peralatan Makan Berbahan Stainless Steel

Bagi Anda yang suka menggunakan alat makan modern dan kekinian, tentu perlu untuk mengetahui cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel. Banyak orang yang menggunakan peralatan dapur berbahan stainless steel karena memiliki desain yang modern dan bahannya lebih tahan lama. Namun jika tidak berhati-hati, bahan stainless steel sangat mudah menampakan goresan sehingga membuat tampilannya menjadi kusam dan jelek.

Cara Merawat Peralatan Makan Stainless Steel 

Merawat alat makan stainless sangatlah penting untuk dilakukan, agar kondisinya tetap awet, aman digunakan dan tampak seperti baru. Supaya peralatan makan menjadi lebih tahan lama, berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk merawat peralatan makan stainless steel:

1. Bersihkan Secepat Mungkin 

Hindari meninggalkan peralatan makan dalam keadaan kotor terlalu lama karena bahan makanan yang asam atau garam dapat merusak permukaan stainless steel. Anda bisa mencuci peralatan dengan air hangat dan sabun cuci piring yang lembut serta hindari menggunakan deterjen yang terlalu keras. Hindari menggunakan sikat kawat atau abrasive scrubbers untuk menghindarkan goresan pada bagian permukaan stainless steel.

2. Cuci dengan Air Hangat

Bilas peralatan makan dengan air hangat untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel, ini akan memudahkan proses pembersihan selanjutnya. Cuci peralatan makan dengan sponge atau kain yang telah diberi sabun pembersih, usap perlahan untuk menghilangkan kotoran. Setelah seluruh permukaan bersih, bilas peralatan makan dengan air hangat hingga semua sabun hilang sehingga bisa digunakan lagi dengan aman.

3. Gunakan Spons Lembut Saat Mencuci 

Gosok peralatan makan dengan spons lembut yang sudah diberi sabun dan usap dengan gerakan melingkar atau mengikuti arah serat logam untuk hasil terbaik. Bilas peralatan makan dengan air hangat hingga semua sabun dan kotoran terangkat dengan baik sehingga kondisinya tidak licin. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada residu sabun yang tertinggal dan permukaan peralatan makan nampak berkilau.

4. Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Salah satu cara membersihkan stainless steel yang efektif adalah menggunakan cairan yang tepat dan dalam porsi yang sesuai takaran. Anda bisa memilih cairan pembersih peralatan makan yang memiliki karakteristik tidak abrasif, ph netral dan tidak mengandung bahan kimia keras. Cairan pembersih yang tepat dapat efektif untuk menghilangkan minyak dan kotoran sehari-hari tanpa merusak permukaan stainless steel.

5. Hindari Goresan 

Goresan bisa merusak penampilan dan juga membuat peralatan masak berbahan stainless steel lebih sulit untuk dibersihkan di masa depan. Hindari menggunakan spons abrasif atau sikat kawat dan sebagai gantinya, pilih kain mikrofiber yang tidak akan menggores permukaan stainless steel. Jangan gunakan pembersih yang mengandung partikel abrasif, seperti bubuk pembersih kasar atau scrub pads karena bisa merusak permukaan alat dapur.

6. Simpan di Area yang Kering

Membersihkan peralatan makan stainless steel dengan benar dan menyimpannya di area yang kering adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan. Segera keringkan peralatan makan yang sudah di cuci menggunakan handuk bersih dan lembut untuk mencegah terbentuknya bercak air dan noda. Anda juga harus menyimpan peralatan di area yang kering, agar tidak ada kotoran yang kembali menempel dan terhindar dari partikel berbahaya. 

7. Bersihkan Alat Masak Pakai Soda Kue 

Membersihkan alat masak dengan soda kue adalah cara yang efektif dan alami untuk menghilangkan noda membandel, minyak dan bau. Soda kue adalah bahan yang aman dan tidak abrasif, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis alat masak, termasuk stainless steel. Anda perlu menggunakan spons lembut atau kain mikrofiber untuk menggosok permukaan alat masak, agar tidak menimbulkan goresan. 

8. Didihkan Air dan Soda Kue

Isi panci atau wajan stainless steel dengan cukup air untuk menutupi area yang ingin dibersihkan dan tambahkan sekitar 2-3 sendok makan soda kue ke dalam air. Panaskan alat masak di atas kompor dan biarkan air mendidih dan biarkan campuran air dan soda kue mendidih selama 10-15 menit. Setelah air cukup dingin untuk disentuh, Anda bisa buang airnya dan silahkan gunakan spons lembut untuk menggosok permukaan alat masak. 

Dengan merawat peralatan makan stainless steel sesuai dengan panduan di atas, Anda dapat memastikan peralatan makan tetap dalam kondisi terbaik.

Dapat disimpulkan bahwa cara membersihkan stainless membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga keawetannya dan mencegah goresan. Hindari penggunaan alat pembersih abrasif yang dapat menggores permukaan stainless steel dan pilih sabun yang tidak mengandung bahan kimia keras. Dengan perawatan yang tepat tidak hanya menjaga penampilan peralatan tetapi juga memastikan kinerja yang optimal dalam jangka panjang.

Sekian bahasan lengkap mengenai cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca.