7 Cara Mengecilkan Lengan Tangan: Tips dan Latihan Efektif

Artikel ini terakhir di perbaharui July 25, 2024 by David Ashari
7 Cara Mengecilkan Lengan Tangan: Tips dan Latihan Efektif

Untuk membuat tampilan tubuh menjadi lebih menarik untuk dipandang, tentu Anda harus mengetahui cara mengecilkan lengan tangan yang tepat. Lemak yang menumpuk, biasanya akan membuat lengan terasa lebih berat sehingga tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas yang menggunakan tangan. Supaya Anda memiliki ukuran lengan yang ideal, tentu ada berbagai cara yang bisa dilakukan secara rutin di rumah sehingga Anda bisa tampil lebih percaya diri.

Cara Mengecilkan Lengan Tangan dengan Efektif

Mengecilkan lengan tangan bisa dilakukan dengan olahraga untuk otot-otot lengan, pola makan sehat dan memastikan Anda membakar lebih banyak kalori. Supaya Anda memiliki pemahaman yang lebih mendalam, berikut adalah beberapa cara mengecilkan lengan tangan secara alami dan cepat:

1. Lakukan Latihan Kardio Secara Teratur

Latihan kardio akan membantu membakar lemak di seluruh tubuh, termasuk lengan dan beberapa latihan kardio yang efektif untuk dilakukan secara rutin. Lari atau jogging menjadi salah satu olahraga yang sangat efektif dalam membakar kalori, namun olahraga ini perlu dilakukan secara konsisten dan bertahap. Bersepeda juga menjadi kegiatan bisa membakar kalori dan bisa membantu mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah tubuh.

Sedangkan berenang dan lompat tali adalah kegiatan yang bisa membantu membakar lemak, agar kondisi lemak menjadi lebih sehat.

2. Latihan Angkat Beban

Mengecilkan lengan tangan dengan latihan angkat beban adalah salah satu cara yang efektif untuk membentuk otot dan mengurangi lemak di area tersebut. Bicep curls adalah latihan angkat beban yang bisa membantu menguatkan dan mengencangkan otop bisep sehingga lemak akan hilang dengan lebih cepat.

Untuk menguatkan otot trisep, Anda bisa melakukan gerakan tricep dips dan gerakan ini bisa Anda lakukan sebanyak 3 set dengan 12-15 repetisi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan overhead tricep extensions untuk menguatkan otot trisep sehingga kondisi lengan akan lebih ideal. Gak cuma beberapa gerakan tadi, Anda juga bisa melakukan gerakan hammer curls, tricep kickbacks dan arnold press untuk menguatkan otot tangan.

3. Manfaatkan Berat Badan Sendiri

Untuk mengecilkan lengan tangan dengan memanfaatkan berat badan sendiri, Anda bisa melakukan beberapa latihan ringan yang efektif. Berikut adalah beberapa cara mengecilkan lengan tangan bagian atas yang bisa Anda lakukan secara rutin:

  • Push Up

Untuk melakukan gerakan push up, maka Anda bisa mulai dari posisi plank dengan tangan di bawah bahu dan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul. Turunkan tubuh dengan menekuk siku hingga dada hampir menyentuh lantai, lalu dorong kembali ke posisi awal.

  • Plank

Untuk melakukan otot lengan dan dada sehingga lebih kuat, Anda bisa mulai dalam posisi plank dengan lengan bawah di lantai. Angkat tubuh dengan tangan satu per satu ke posisi plank tinggi (tangan di bawah bahu), lalu turunkan kembali ke posisi awal.

  • Mountain Climber

Gerakan ini bisa dimulai dalam posisi plank tinggi dengan tangan di bawah bahu dan tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Angkat lutut kanan Anda menuju dada, lalu kembalikan ke posisi awal dan angkat lutut kiri Anda menuju dada, lalu kembalikan ke posisi awal.

4. Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan yang sehat sangat penting untuk mengurangi lemak tubuh dan mengkonsumsi protein bisa membantu membangun otot menjadi lebih kuat. Perlu diketahui bahwa sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh dan bentuk lengan meliputi daging tanpa lemak, ikan, telur dan kacang-kacangan. Anda juga perlu mengurangi asupan karbohidrat olahan seperti gula karena bisa menyebabkan penumpukan lemak dan membuat daya tahan tubuh berkurang.

Selain itu, Anda juga perlu lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan menghindari berbagai makanan tinggi lemak, agar kondisi lengan lebih ideal.

5. Rutin Melakukan Peregangan

Cara mengecilkan tangan lengan atas bisa dilakukan secara rutin menggunakan peregangan dengan memilih pendekatan holistik untuk kebugaran tubuh Anda. Meskipun peregangan tidak membakar kalori sebanyak latihan kekuatan, peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, sirkulasi dan kesehatan otot secara keseluruhan. Anda bisa memulai dengan mengangkat satu lengan ke atas dan tekuk siku sehingga tangan berada di belakang kepala serta gunakan tangan yang lain untuk mendorong siku ke bawah.

Gerakan peregangan ini bisa membantu mengencangkan dan meregangkan otot triceps (otot belakang lengan atas) sehingga kondisinya akan lebih prima.

6. Jaga Postur Tubuh

Menjaga postur tubuh yang baik adalah kunci untuk mengurangi lemak dan mengencangkan otot lengan dan postur yang baik membantu distribusi berat badan secara merata. Selain itu, menjaga postur tubus bisa mengurangi tekanan pada otot tertentu, memungkinkan latihan dan aktivitas sehari-hari lebih efektif. Anda harus bisa melakukan posisi berdiri serta duduk yang benar dan Anda harus menghindari gerakan membungkuk, agar aliran darah mengalir dengan lebih lancar.

7. Gunakan Alat Bantu Latihan

Pada dasarnya, menggunakan alat bantu latihan bisa sangat efektif untuk mengecilkan dan mengencangkan lengan sehingga bisa lebih ideal untuk melakukan berbagai aktivitas. Ada beberapa alat bantu latihan yang bisa Anda pilih seperti Dumbbell, Resistance Band, Kettlebell, Medicine Ball, Pull-Up Bar dan yang lainnya. Latihan Dumbbell bisa dilakukan dengan memegang alat menggunakan telapak tangan menghadap ke depan dan angkat ke arah bahu, lalu turunkan perlahan ke posisi awal.

Untuk Resistance Band bisa dilakukan dengan berdiri di atas resistance band menggunakan kedua kaki dan angkat band ke arah bahu dengan menekuk siku, lalu turunkan. Sedangkan untuk Kettlebell bisa dilakukan dengan berdiri menggunakan kaki selebar bahu dan pegang kettlebell dengan kedua tangan dan ayunkan kettlebell di antara kaki. Dengan memperhatikan seluruh cara diatas, maka Anda bisa memperkecil kondisi lengan dengan lebih cepat dan tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan.

Secara umum, untuk mengecilkan lengan tangan secara efektif dan cepat, maka diperlukan pendekatan yang holistik yang mencakup berbagai strategi yang jitu. Sebelum latihan, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum latihan dan peregangan setelah latihan, agar tidak ada otot yang kaku sehingga kesehatan terjaga dengan baik. Dengan mengikuti pendekatan yang komprehensif, Anda dapat mengecilkan dan mengencangkan lengan secara efektif serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengecilkan lengan tangan dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembacanya.