Cara Mencuci Karpet Dengan Mudah Dan Bersih

Artikel ini terakhir di perbaharui May 8, 2024 by David Ashari
Cara Mencuci Karpet Dengan Mudah Dan Bersih

Cara mencuci karpet memang terkesan merepotkan sehingga tidak jarang banyak orang yang akhirnya pergi ke jasa untuk membersihkan karpetnya.  Namun, ternyata mencuci karpet dilakukan dengan mudah, jika menemukan cara yang tepat. Selain itu, sebelum memberishkannya, Anda perlu melakukan beberapa hal dahulu. Sehingga prosesnya dapat dengan mudah Anda lakukan.

Cara membersihkan karpet sebelum dicuci Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum Anda menggunakan cara mencuci karpet. Adapun hal tersebut adalah sebagai Berikut!

1.Alat Sapu

Sapu merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan kotoran dari karpet. Dengan begitu, nanti saat mencuci Anda tidak terlalu berat. Sapu disini, bisa berupa sapu lidi, sapu ijuk, atau mesin penyedot debu yang berfungsi untuk membersihkan debu. Ini dapat Anda gunakan untuk cara mencuci karpet manual.

2.Alat Pemukul yang Terbuat dari Bahan Rotan

Alat selanjutnya yang perlu Anda siapkan yaitu pemukul yang terbuat dari rotan. Dimana umumnya, alat ini sendiri biasanya sering digunakan untuk memukul-mukul permukaan kasur, batal, bahkan karpet. Supaya debu-debu yang menempel pada karpet tersebut dapat hilang. Selain itu,  bentuk dari alat ini sendiri seperti halnya raket.

 Untuk cara cuci karpet manual yaitu Anda tinggal memukul-mukul  raket yang terbuat dari rotan  ke permukaan karpet. Namun, jangan lupa untuk menggantung terlebih dahulu untuk dapat memudahkan dalam membersihkan karpet.

3.Sikat

Setelah itu, Anda dapat membasahi karpet dengan air dan tuangkan deterjen cair ke permukaan karpet. Setelah itu,  Anda dapat menyikat karpet  dengan perlahan-lahan. Namun, jika ada serat-serat yang yang cukup membandel, maka Anda dapat menggosok nya sedikit keras.

Lakukanlah cara membersihkan karpet ini di ruangan atau area yang luas. Sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam melakukannya. Dengan begitu, pembersihan ini dapat dilakukan dengan maksimal. Selain itu, untuk memudahkan, cobalah untuk menggunakan sikat dengan bahan yang kuat sehingga tidak mudah rusak.

4.Menggunakan Baking Soda

Langkah selanjutnya dalam menerapkan cara cuci karpet yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menggunakan baking soda, ini dapat digunakan  untuk membersihkan noda yang sulit sekali untuk dibersihkan. Hal ini karena baking soda dapat mengangkat noda maupun kotoran dari karpet.

Meskipun begitu, bahan ini sendiri tidak merusak karpet.  Usahakan pula, untuk menggunakan sarung tangan khusus saat menggunakan baking soda supaya tangan Anda lebih aman. Dalam penggunaanya sendiri, Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air.

Cara Mencuci Karpet dengan Mudah

Apabila Anda telah melakukan beberapa hal sebelum cara cuci karpet supaya tidak bau, maka sekarang saatnya untuk mencuci karpet dengan mudah. Untuk tata cara dalam mencuci karpet itu sendiri yaitu sebagai berikut!

Metode Menggantung

Setelah Anda membersihkan noda karpet, maka langkah selanjutnya cara membersihkan karpet lantai secara manual  yaitu dengan menggantung karpet secara manual. Apabila karpet yang hendak Anda cuci itu terbilang besar dengan bobot yang lumayan, maka Anda tidak dapat menggantung karpet seorang diri.

Cobalah untuk meminta tolong kepada orang-orang yang ada di rumah untuk membantu Anda. Selain itu, carilah gantungan yang memiliki daya kuat yang tinggi. Sehingga saat karpet digantung nantinya tidak roboh dan Anda pun dapat membersihkan karpet dengan mudah.

Menggunakan Semprotan Air

Langkah selanjutnya untuk menerapkan cara mencuci karpet permadani yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menyemprotkan air pada karpet tersebut. Namun, usahakan daya semprot yang digunakan itu kuat untuk dapat menghasilkan daya semprot yang kuat.

Penggunaan penyemprotan air ini sendiri digunakan untuk dapat mengangkat  kotoran yang tersisa dari karpet. Dengan begitu, kotoran-kotoran tersebut dapat terangkat dengan baik.  Lakukanlah hal ini secara perlahan-lahan dan lakukan pada setiap sisi. Sehingga tidak ada area yang terlewati begitu saja.

Gunakan Siklus Halus

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan sikat memaksimalkan proses pembersihan karpet. Selain itu, gunakanlah sikat cuci halus yang terbuat dari plastic. Hindari menggunakan sikat yang terbuat dari ijuk karena itu dapat menyusahkan Anda saat membersihkan karpet. Hal ini karena permukaan dari sikat ijuk memiliki permukaan yang kasar.

Tahap Akhir dari mencuci karpet

Setelah proses mencuci telah Anda lakukan, maka langkah akhir yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan cara membersihkan karpet tanpa penyedot debu yaitu dengan melakukan beberapa hal. Sampai akhirnya karpet nantinya dapat digunakan kembali. Untuk lebih jauhnya simak ulasan berikut ini!

Membilas Karpet

Apabila karpet telah selesai Anda sakit, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu dengan membilasnya dengan air bersih. Lakukanlah hal ini secara berulang kali, setidaknya Anda membilasnya sebanyak dua kali sampai benar-benar busa dari sabun hilang. Supaya setelah kering, tidak ada sisa-sisa sabun yang nampak pada karpet.

Menjemurnya di Area Teduh

Langkah terlahir untuk cara mencuci karpet bulu yang perlu Anda lakukan adalah menjemurnya di area yang teduh supaya warna dari karpet tidak cepat usang dan rusak.  Dengan begitu, Anda dapat menjemurnya di ruangan terbuka dibelakang rumah, tetapi tidak terkena matahari secara langsung.  Selain itu, Anda juga dapat menjemurnya di garasi ataupun di teras rumah.