Arti KPR Rumah: Penjelasan Lengkap Mengenai Kredit Pemilikan Rumah

Artikel ini terakhir di perbaharui June 4, 2024 by David Ashari
Arti KPR Rumah: Penjelasan Lengkap Mengenai Kredit Pemilikan Rumah

Mungkin Anda sudah familiar dengan istilah KPR, namun, apa sih arti dari KPR? KPR adalah salah satu cara untuk mencicil rumah dalam jangka waktu dan bunga tertentu sesuai perjanjian. KPR sendiri merupakan singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah 

Arti KPR rumah merujuk pada salah satu cara untuk mencicil rumah dalam jangka waktu dan bunga tertentu sesuai perjanjian., dengan begitu KPR subsidi rumah adalah singkatan dari Kredit Pemilik Rumah dan istilah ini sering digunakan untuk orang yang ingin membeli rumah dengan cara diangsur. Untuk angsuran nya sendiri dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan, baik itu lima tahun atau bahkan hingga puluhan tahun.

Pengertian KPR Rumah

KPR subsidi rumah secara sederhananya adalah sebuah sistem pembayaran rumah tinggal dimana Anda tetap dapat menempati lahan tersebut meski belum membayar secara full. Anda hanya cukup menyiapkan uang untuk membayar DP atau Down Payment sebagai salah satu tanda jadi mengajukan pembelian atas lahan/bangunan tersebut. Setelah dilakukan, nantinya Anda dapat mengangsur  rumah tersebut secara  berkala sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan dengan penyedia kredit.

Untuk mengajukan permohonan angsuran KPR Rumah ini, tentu saja ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh calon pembeli kepada pihak bank. Persyaratan ini mengacu pada besaran bunga yang harus dibayarkan, lama tenor, dan lain sebagainya. Ada baiknya sebelum Anda memutuskan untuk mengambil KPR, telaah, teliti, dan bandingkan dulu besaran bunga yang diajukan setiap bank, serta persyaratan apa saja yang menyertainya. 

6 Fungsi KPR 

Termasuk dalam salah satu kebutuhan pokok, banyak tentunya yang ingin memiliki rumahnya sendiri, namun kesulitannya terletak pada harga yang sudah pasti tidak murah. Disinilah peran KPR dinilai sangat penting. Melalui program ini, Anda bisa membeli serta menempati rumah dengan cara mencicil (kredit) sesuai dengan nominal yang sudah disepakati bersama dengan pihak kreditur hingga masa tertentu. Cicilan yang ditentukan ini bisa disesuaikan dengan tenor yang Anda inginkan serta bujet yang Anda sanggupi. Nah, apa saja sih fungsi KPR ini, berikut ulasannya:

KPR untuk Membeli Rumah

Manfaat paling utama ini pasti sudah diketahui khalayak banyak, selain karena masuk ke dalam kebutuhan utama, rumah menjadi tempat kita beristirahat dan melepas stress usai lelah beraktivitas seharian. Memiliki rumah sendiri akan memberikan rasa aman yang dibutuhkan serta jaminan adanya tempat berlindung seumur hidup, baik berlindung dari cuaca ataupun hal-hal lainnya.

KPR untuk Renovasi Rumah

Program KPR rumah tidak hanya melulu untuk membeli rumah yang sudah jadi dari developer loh, dalam arti Anda bisa memanfaatkan program KPR guna merenovasi rumah yang Anda tinggali sekarang. Fasilitas kredit yang lazim disebut KPR renovasi rumah ini, merupakan produk pinjaman dari perbankan bagi calon debitur yang ingin merombak atau memperbaiki rumah.

Untuk mengajukan KPR rumah jenis ini, Anda perlu mengkonsultasikannya dengan pihak Bank terkait perihal syarat serta ketentuan pengajual KPR Renovasi Rumah. Pahami bahwa setiap bank memiliki ketentuan dan nilai bunga yang berbeda. Jangan takut untuk melakukan perbandingan sebelum menetapkan pilihan yang memang cocok dengan kondisi finansial Anda.  

KPR untuk Membeli Tanah

Dalam sistem pinjaman rumah KPR ada juga program KPT ,yang artinya Kredit pembelian Tanah. Sesuai dengan namanya, pinjaman ini bisa dipergunakan bagi Anda yang ingin membeli tanah dan bukan rumah jadi. Sama seperti program KPR, Anda pasti akan mendapat fasilitas kredit atau cicilan disertai dengan bunga yang sudah ditentukan.

KPR untuk Kepemilikan Ruko

Fasilitas lainnya yang dapat ditawarkan oleh KPR yaitu dapat membeli properti ruko. Sebenarnya, hal ini sama saja saat Anda KPR rumah, perbedaanya hanya terletak pada jenis tipe propertinya saja.

Untuk Membeli Apartemen 

KPR juga dapat memberikan keuntungan bagi Anda yang ingin hendak membeli apartemen. Bahkan keuntungan yang didapatkan dari 70-80%  dan tawaran tenor sebanyak 5-20 tahun lamanya. Keuntungan lainnya, yaitu angsuran ringan, suku bunga rendah, dan lain sebagainya. Apartemen juga bisa menjadi alat investasi pemasukan pasif. 

KPR Take Over

KPR Take Over merupakan perpindahan dari bank yang awal tempat kita mengajukan kredit, dan kemudian mengajukannya kepada pihak lain. Jenis KPR ini sangat cocok untuk diterapkan bagi Anda yang ingin mengubah suku bunga. Perpindahan KPR ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan bunga yang lebih rendah, tergantung dari penyedia layanannya. 

Manfaat KPR

Ada beberapa  manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan layanan KPR, antara lain kemudahan dalam membeli rumah tinggal, kemudahan dalam memilih jangka waktu pembayaran, lainnya, berikut beberapa manfaat KPR yang bisa Anda peroleh :

Investasi Jangka Panjang

Bila Anda tertarik berbisnis di dunia properti, maka KPR merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu Anda dalam menjalankannya. Cukup dengan mengandalkan KPR lalu membeli salah satu properti, baik rumah, ruko, ataupun apartemen, sembari menyelesaikan cicilannya, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain. Sistem seperti ini akan membantu Anda melunasi cicilan properti sembari mendapatkan keuntungan.

Menilik harga properti yang cenderung naik, maka di kemudian hari bila memang diperlukan Anda bisa menjual properti yang sudah Anda lunasi.

Uang DP

Memiliki rumah memang membutuhkan uang yang cukup banyak, tapi melewati program KPR ini, Anda bisa segera menempati rumah idaman Anda usai melakukan pembayaran uang DP. Banyaknya uang DP ini akan disesuaikan dengan penyedia kredit. Besarnya DP yang harus dibayar ini lebih sering ditentukan oleh tenor yang akan Anda pilih.

Legal

Setelah mengetahui apa arti dari KPR rumah, Anda tak perlu ragu lagi dalam mengambil keputusan, perihal legalitas yang menyangkut keabsahan bangunan serta surat kepemilikan rumah juga tak perlu dipusingkan lagi. Meski tenor pembayaran yang dipilih lebih dari 20 tahun, niai legalnya bisa dipertanggung jawabkan.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari program KPR, mulai dari kemudahan memiliki rumah dan pembiayaan yang disesuaikan dengan kemampuan. Anda juga bisa memulai renovasi rumah lewat program KPR, sangat efisien bukan. Artinya, program KPR rumah ini cukup krusial dan bisa membantu Anda mewujudkan impian Anda memiliki rumah idaman.