Inspirasi Desain Kamar Tidur Sempit yang Keren

Artikel ini terakhir di perbaharui May 30, 2024 by David Ashari
Inspirasi Desain Kamar Tidur Sempit yang Keren

Memiliki kamar tidur yang relatif sempit bisa menjadi tantangan tersendiri terutama dalam memilih desain yang dirasa bisa membuat kamar tidur yang sempit tampak luas dan nyaman untuk ditempati. Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan supaya kamar tidur tidak terasa sempit ataupun membuat sesak. Mulai dari pemilihan warna hingga dekorasi semua harus diperhatikan dan ditata secara presisi supaya desain yang kita aplikasikan di kamar tidur yang sempit ini bisa lebih maksimal.

Rekomendasi Desain Kamar Tidur Sempit 

Ada beberapa desain kamar tidur sempit yang bisa Anda jadikan inspirasi. Paling penting jangan takut untuk bereksperimen dan menguji kreativitas Anda supaya kamar bisa terasa comfy dan menyenangkan untuk ditempati. Pilihlah desain yang memang cocok dengan selera Anda.

Dominasi Warna Putih

Dominasi Warna Putih

Warna putih memang sudah terkenal dalam memberikan kesan yang jauh lebih luas pada setiap ruangan. Maka dari itu warna ini pasti akan jadi opsi paling utama ketika mulai mendesain kamar tidur yang sempit. Selain ilusi ruangan yang lebih luas, dominasi warna putih ini juga dapat membuat kamar terlihat lebih bersih juga loh. Hal ini karena warna putih kerap kali  diasosiasikan dengan kesucian, kebersihan, dan hal-hal yang murni. 

Nah apabila Anda hanya memiliki ruang 2×2 untuk kamar tidur Anda, maka warna putih ini bisa menjadi pilihan utama. Jangan lupa untuk memadukan warna putih ini dengan dekorasi yang bersifat netral ataupun beberapa warna pastel yang soft. Banyaknya warna yang cocok dipadukan dengan warna putih ini tentu akan membuat Anda lebih mudah dalam memilih furnitur tambahan lainnya.

Apabila Anda merasa warna putih terlalu monoton ataupun membosankan, maka Anda dapat menambahkan corak warna lainnya supaya lebih serasi. Beberapa warna yang dapat digunakan meliputi tone warna cerah seperti biru, hijau, kuning, dan lainnya dengan demikian ruangan akan jauh lebih terang dan tentu tidak terasa seperti satu dimensional saja.

Desain Kamar Tidur Rustic

Desain kamar tidur sempit rustic

Apabila Anda ingin mewujudkan nuansa yang hangat di kamar Anda, desain kamar sempit bertemakan rustic ini bisa jadi cocok untuk Anda gunakan. Desain ini seringnya didominasi oleh warna-warna yang memberikan kesan hangat seperti warna krem, cokelat  cream, coklat, dan lain sebagainya. 

Warna hangat ini dapat menegaskan nuansa tradisional, memberikan kesan kuno yang tentram, hingga bahkan nuansa pedesaan. Suasana hangat yang tercipta ini pasti akan membuat siapapun semakin betah berada di dalam kamar. Istirahat pun bisa jadi lebih maksimal apabila Anda merasa nyaman di dalam kamar.  Bila ingin berkreasi lebih, Anda juga dapat memadukannya dengan gaya kontemporer sehingga lebih terlihat modern.

Desain Kamar Tidur ala Jepang

desain kamar tidur jepang

Anda penggemar desain ala Jepang? Nah Anda pasti akan menyukai desain dengan gaya ala Jepang ini. Belum lagi bila Anda memang menyukai gaya kuno, minimalis, dan tradisional. Maka desain kamar sempit yang cukup minimalis satu ini pasti akan membuat kamar Anda semakin bergaya. Desain ini sendiri sebenarnya merupakan perpaduan dari gaya skandinavia yang kental dengan tema bersih dan rustic dan dikawinkan dengan gaya Jepang yang minimalis dan natural. 

Perpaduan kedua tipe desain ini bisa membuat tampilan sederhana namun tetap enak dilihat. Selain itu, gaya kamar ini kerap kali dipenuhi oleh warna-warna netral seperti putih, pastel, cokelat, krem, ataupun broken white. Cobalah juga untuk menggunakan beberapa furniture yang terbuat dari kayu supaya tema Jepang yang Anda pilih ini semakin totalitas, bila perlu pakailah kasur tanpa frame sehingga bisa menyerupai futon yang biasa dipakai orang Jepang. 

Desain Kamar Moderen dengan Warna Serba Abu

desain kamar tidur sempit dengan warna abu

Model kamar sempit minimalis satu ini juga cocok untuk Anda yang menyukai gaya industrial karena warnanya yang tidak umum digunakan untuk kamar tidur. Salah satu kelebihan style kamar ini adalah ia tidak membutuhkan banyak dekorasi maupun furniture sehingga kamar yang Anda tempati pasti akan terasa lebih luas. Cukup dengan melengkapi kamar dengan beberapa furnitur yang cukup esensial seperti meja, kursi, ataupun lemari pakaian.

Bila dirasa terlalu kosong maka solusinya Anda dapat menambahkan beberapa ornamen lain seperti lampu, cermin, dan hiasan dinding seperti lukisan, poster, dan beberapa pajangan favorit Anda. Hal ini akan membuat kamar terlihat modern dan elegan.

Memadukan Tembok Bata dengan Cat Warna Putih

desain kamar tidur sempit dengan tembook bata

Menata kamar tidur sempit sederhana dengan desain ini dapat memberikan kesan yang natural, tetapi tetap modern. Nantinya, Anda dapat memadukannya dengan lantai vinyl atau parket sehingga nampak senada. Tidak hanya itu, untuk menambah nilai estetik di kamar, Anda cukup menambahkan karpet dengan motif netral.  

Apabila Anda ingin meningkatkan kesan rustic sekaligus modern, akan dapat menambahkan hiasan dinding. Seperti halnya, tanaman dinding, lukisan, dan sebagainya. Anda juga dapat kipas angin dengan motif kayu.

Desain Minimalis ala Korea

desain kamar tidur sempit gaya korea

Desain kamar tidur sempit untuk dua orang ini cocok untuk Anda yang menyukai budaya Korea atau segala hal yang berkaitan dengan negara tersebut. Salah satu ciri dari dekorasi kamar tidur sempit agar terlihat luas  ini sendiri yaitu menggunakan kasur tanpa ranjang atau lesehan.  Tidak hanya itu saja, nantinya Anda dapat menambahkan dekorasi seperti halnya lukisan, lampu hias, atau hal lainnya ala drama Korea.

 Coba gunakanlah perabot maupun  dekorasi dengan warna-warna hangat seperti halnya krem, coklat, dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan warna soft lainnya seperti halnya pink muda, hijau toska. Niscaya perpaduan warna ini bisa membuat kamar menjadi lebih hidup dan waktu istirahat akan menjadi kegiatan favorit Anda. 

Kamar tidur memang merupakan salah satu ruangan paling penting karena disinilah Anda bisa mengembalikan kembali energi Anda dan beristirahat setelah menghadapi hari yang panjang. Makanya sangatlah penting untuk memperhatikan dan mengatur tata letak ruang secermat mungkin supaya kamar tidur Anda terasa nyaman untuk ditempati.

Tidak perlu kamar yang luas, dengan perencanaan dan desain yang tepat, maka meskipun tidak memiliki banyak ruang, kamar tetap akan tampak estetik, rapi, dan yang terpenting bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Semoga ulasan mengenai desain kamar tidur sempit di atas bisa membantu Anda yang tengah mencari inspirasi.